Lompat ke isi utama

Berita

KETUA BAWASLU KOTA MALANG MENJADI PENGISI PODCAST RRI MALANG, BAHAS PENGAWALAN TAHAPAN PILKADA 2024

M. Arifudin (dua dari kanan) bersama Ali Akbar, Anggota KPU Kota Malang menjadi Pengisi dalam Podcast Pro 1 RRI Malang hari ini (06/09).

M. Arifudin (dua dari kanan) bersama Ali Akbar, Anggota KPU Kota Malang menjadi Pengisi dalam Podcast Pro 1 RRI Malang hari ini (06/09).

Malang, RRI Kota Malang - Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Malang menginisasi Program Dialog Ekslusif Pemilihan Serentak 2024 bertajuk "Kawal Tahapan Pencalonan, Penelitian dan Penetapan Pasangan Calon Pilkada 2024". Dalam program berkonsep Podcast tersebut mengundang Ketua Bawaslu Kota Malang, M. Arifudin dan Anggota KPU Kota Malang, Ali Akbar.

Podcast kali ini menyajikan informasi dan pemahaman yang lebih mendalam terkait proses Tahapan Pilkada 2024 yang saat ini berjalan. Arifudin dan Ali Akbar membahas tentang tahapan yang telah dilaksanakan mulai dari pengumuman pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) hingga pendaftaran pasangan calon yang dilakukan pada 24 sampai dengan 29 Agustus 2024.

"Pada proses pendaftaran tersebut, KPU Kota Malang telah menerima tiga berkas pendaftaran pasangan calon. Tahapan ini menjadi perhatian khusus Bawaslu untuk memastikan proses berjalan sesuai dengan aturan dan agar meminimalisir potensi pelanggaran dalam tahapan demi tahapan yang akan dijalankan menuju hari pemungutan suara," sampai Arifudin.

Arifudin menegaskan pentingnya pengawasan di setiap tahapan Pilkada, khususnya pencalonan, penelitian, dan penetapan pasangan calon. Kemudian beliau juga menegaskan bahwasannya Bawaslu Kota Malang akan semakin meningkatkan Pengawasan Melekat dalam setiap tahapan demi tahapan terkhusus juga pada perihal penelitian berkas persyaratan pencalonan dan persyaratan calon guna memastikan keabsahan semua dokumen.

Terakhir sebagai penutup, Arifudin mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama menyukseskan Pemilihan Serentak 2024 nanti, “Ayo mari masyarakat Kota Malang kita awasi kita jaga pemilhan walikota dan wakil walikota Kota Malang agar jauh dari kata pelanggaran-pelanggaran guna menghasilkan demokrasi yang sehat. Tak lupa Bersama rakyat awasi pemilu,Bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu.”

Melalui diskusi ini, masyarakat diharapkan dapat lebih memahami pentingnya pengawalan dan partisipasi aktif dalam tahapan Pilkada 2024, sehingga dapat terwujud pemilu yang berkualitas dan demokratis di Kota Malang.

Penulis: Danang P.
Foto: Alfian Juan
Editor: Humas Bawaslu Kota Malang